Beberapa Hal Penting Seputar Digital Marketing Untuk Usaha Welding

Ilustrasi digital marketing, unsplash @goumbik

Usaha welding atau pengelasan banyak dijumpai di Indonesia. Usaha pengelasan saat ini berkembang cukup pesat karena negeri ini masih mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Cobalah tengok di kota dimana Anda tinggal, adakah perumahan yang sedang dibangun, kemungkinan besar ada. Saat ada rumah, peluang untuk bertumbuhnya UMKM di bidang welding akan semakin tinggi.

Semakin tingginya permintaan, tentu membuat semakin banyak orang ingin terjun dalam bidang pengelasan. Seperti peribahasa, ada gula ada semut. Ada peluang ada banyak orang yang ingin mengambil untung dari peluang tersebut. Salah satu hal penting saat menjalankan usaha adalah bidang marketing. Kita bisa membuat produk yang hebat, namun jika tidak diserap pasar ya percuma. Maka dari itu kami coba share beberapa hal pentingnya digital marketing untuk usaha Anda.

Gunakan Website

Ada keunggulan website dibandingkan sosial media seperti instagram, facebook dan lain lain. Jika Anda memiliki website, Anda lebih bisa mengontrok secara keseluruhan website Anda. Anda bisa meminta user memasukkan email untuk kemudian bisa melakukan email marketing. Data penjualan bisa tercatat lewat sistem website.

Website untuk digital marketing usaha pengelasan, doc pribadi
Website untuk digital marketing usaha pengelasan, doc pribadi

Mungkin diawal Anda perlu investasi terlebih dahulu dengan membuat website ke perusahaan jasa website. Selalu hitung dan kalkulasi dahulu ya. Jika masih bisa dengan fitur website gratis, gunakan yang gratis. Namun jika sudah lebih profesional, maka tak ada salahnya mengundang web developer untuk membuat website sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan Puas Dengan 1 Channel

Bisa jadi saat ini Anda berjaya dengan salah satu channel penjualan lewat digital marketing andalan Anda. Misalkan Anda punya channel youtube dengan subscriber 100 K, jangan dulu puas dengan hal ini. Mengapa? Karena bisa jadi suatu saat channel tersebut tidak work lagi. Misal akun youtube Anda terkena suspend, sedih bukan?

Coba terus gali dan lebarkan sayap ke channel2 yang lain. Anda harus tahu channel mana yang paling menghasilkan, namun tetap berupaya melebarkan jalur digital marketing yang lain. Misal mulai masuk instagram, youtube, tiktok atau yang lainnya. Yang jelas semakin banyak backup channel penjualan semakin bagus.

Data Klien is King

Data klien yang Anda miliki adalah tambang emas Anda. Anda bisa terus menjalin hubungan dengan mereka untuk memberikan tips dan edukasi secara berkelanjutan. Bisa melalui chat WA atau menggunakan email. Jangan pernah puas dengan capaian klien Anda saat ini. Dengan terus terjalinnya komunikasi yang baik, dimungkinan akan terdapat repeat order yang berkelanjutan.

Ilustrasi digital marketing, unsplash @goumbik
Ilustrasi digital marketing, unsplash @goumbik

Kenali Target Market

Dengan mengetahui target market dengan tepat. Kita bisa menyusun konten digital marketing yang tepat juga. Jangan sampai keliru ya. Misal target market yang dibidik itu ibu-ibu Islami, namun bahasa yang dipakai untuk sapaannya adalah bro sis. Tidak cocok kan? Atau untuk gambar yang digunakan adalah gambar-gambar yang auratnya terbuka. Semoga bisa dipahami.

Terus Belajar

Saat kita memutuskan masuk dunia digital marketing, artinya kita masuk dalam dunia yang terus berkembang. Dahulu belum ada instagram, saat ini instagram berjaya. Bisa jadi kedepan instagram akan tutup dan diganti dengan platform yang baru. Untuk itu siapkan tenaga untuk terus belajar dari waktu ke waktu. Belajar dengan banyak mentor, tak perlu mau jika bertemu dengan orang yang lebih muda dari Anda untuk belajar.

Itulah 5 tips utama yang bisa kami sampaikan soal digital marketing. Bisa dipakai untuk usaha pengelasa ataupun usaha lainnya. Yang jelas, jangan mencukupkan diri dengan digital marketing saja. Marketing offline saat ini juga masih work. Jangan pula puas dengan urusan marketing saja, karena bisnis lebih komplek. Hingga urusan produksi, SDM dan keuangan juga. Terimakasih dan semangat belajar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.