Jenis Bahan Atap Kanopi Yang Umum Digunakan

Atap kanopi saat ini menjadi salah satu bagian dari desain rumah yang tak terpisahkan terutama konsep rumah modern. Selain terlihat bagus, penggunaan atap kanopi terbilang praktis karena pengaplikasiannya lebih cepat karena hanya menyusun rangka dan memasang atap. Karena itulah atap kanopi menjadi pilihan pada rumah hunian.

Sebenarnya tidak hanya rumah hunian saja yang menggunakan rangka kanopi. Pabrik, hall dan beberapa gedung fasilitas publik saat ini banyak juga yang menggunakan atap kanopi. Dengan jenis bahan atap kanopi yang bervariasi maka anda bisa memilih berdasarkan fungsi ataupun anggaran yang ada.

Jenis Bahan Atap Kanopi

Pada artikel website jasa kanopi Jogja kali ini akan membahas mengenai bahan atap kanopi yang umum dipakai di sekitar kita. Kanopi yang dibuat dengan rangka logam seperti rangka podium minimalis, memiliki bahan atap yang berbeda-beda. Berikut diantaranya :

1. Kanopi Polycarbonat

Kanopi dengan bahan polycarbonat merupakan kanopi yang paling sering dijumpai dan di pakai oleh rumah hunian. Dengan berbagai warna dan juga dapat dibentuk sesuai keinginan bahan kanopi ini memang cocok di jadikan atap di depan rumah. Baik di aplikasikan sebagai atap teras depan, sebagai atap carport, atap halaman belakang khusus jemuran dan sebagainya.

Selain ringan kanopi polycarbonat memiliki keunggulan lain yaitu kuat dan mampu dipakai dalam jangka waktu lama. Jenis twinlite polycarbonate memiliki daya tahan pemakaian selama 10 sampai 15 tahun. Jenis polycarbonat inilah yang paling awet. Kualitas di bawahnya adalah solarlite polycarbonate yang mapu bertahan hingga 10 tahun. Sedangkan solite polycarbonate adalah tingkatan paling rendah dari bahan kanopi tetapi meskipun kualitasnya rendah bahan ini mampu bertahan selama 5 tahun.

2. Kanopi Zincalume

Jenis bahan atap kanopi ini merupakan plat logam tipis yang kuat dan tidak mudah berkarat. Karena tipikal logam ini mtipis dan mudah dibentuk maka penggunaan zincalume bisa disesuaikan dengan bentuk rangkanya. Penggunaan logam bisa menjadikan jenis bahan atap kanopi ini awet dan bertahan puluhan tahun.

Perpaduan seng dan aluminium ini memunculkan unsur ringan dan kuat tetapi menggunakan jenis bahan ini menjadikan suasana panas di bawahnya jika matahari bersinar dengan teriknya. Karena itulah menggunakan jenis bahan atap kanopi ini sebaiknya dengan struktur rangka yang tinggi agar tidak terlalu panas ketika berada di bawahnya saat matahari terik.

3. Kanopi UPVC

Bahan Unplasticizide Polyvinyl Chloride ini merupakan jenis bahan atap kanopi paling kuat dari bahan yang telah dibahas sebelumnya. Dengan sifat bahan yang kuat maka bahan ini dapat diinjak pada saat pengaplikasiannya. Jenis bahan atap kanopi ini terkenal dengan merk Alderon. Bahan ini diklaim mampu menahan bobot maksimal 150 kg.

Daya redam dari bunyi hujan yang mengenai permukaan bahan ini juga cukup baik sehingga saat terjadi hujan deras dengan menggunakan atap kanopi ini tidak akan terlalu berisik. Dengan tipikal bahan yang tahan terhadap segala cuaca yang ekstrim maka bahan ini juga sering dipakai sebagai bahan pembuatan kusen jendela dan pintu. Karena kualitasnya jelas lebih bagus dari bahan lainnya maka harga bahan UPVC lebih tinggi dari bahan lainnya.

4. Kanopi Onduline

Jenis Bahan Atap Kanopi
Kanopi bahan Polycarbonat. Sumber IG @seputar_interior

Bahan ini mampu menyerap suara sehingga ketika terjadi hujan tidak terlalu bising. Selain itu bahan ini juga memiliki daya serap panas yang rendah. Dengan berbagai warna pilahan jenis bahan atap kanopi ini bisa menjadi pilihan dalam pengaplikasian kanopi di rumah hunian. Kekuatan bahan ini tidak diragukan lagi, meskipun bahan ini memiliki bobot yang ringan.

5. Fiber

Bahan kanopi berasal dari plastik atau fiber dengan rongga di dalamnya. Jika dilihat dengan seksama penampakan dari samping seperti kardus. Jika kardus lapisannya adalah kertas maka untuk polycarbonat lapisan yang membentuknya adalah plastik atau fiber. Dengan adanya lapisan rongga pada bahan kanopi polycarbonat selain menjadikan bahan lebih ringan namun kuat, lapisan berongga tersebut dapat menahan terpaan sinar matahari.

Dalam pembuatan atap kanopi, anggaran juga harus diperhitungkan. Oleh karena itu pilihan menggunakan bahan onduline bisa di pertimbangkan. Selain murah penampilan dan multifungsi dari bahan ini bisa dijadikan referensi saat memilih jenis bahan atap kanopi.

Itulah jenis bahan atap kanopi yang bisa kami ulas. Dengan berbagai varian atap kanopi dan keunggulan yang dimiliki, anda bisa memilih sesuai dengan selera anda. Untuk pemasangan kanopi daerah Jogja dan sekitarnya, anda bisa mempercayakan pengerjaannya kepada HomeStudio567 yang telah berpengalaman dalam aplikasi kanopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.