Tips Mengurangi Panas Sinar Matahari Dari Atap Polycarbonate

Tips Mengurangi Panas Sinar Matahari Dari Atap Polycarbonate

Kanopi merupakan bagian dari bangunan yang memiliki fungsi dekoratif dan fungsi lainnya seperti fungsi pencahayaan. Saat ini penggunaan kanopi pada rumah hunian tidak terbatas pada teras atau balkon. Bahkan pada bagian dalam rumah juga terkadang dipasang kanopi. Pemasangan kanopi pada bagian dalam rumah biasanya memiliki fungsi pencahayaan alami.

Seperti fungsi void pada rumah hunian yang memiliki ukuran bangunan yang luas, terkadang di bagian dalam rumah terdapat ruangan terbuka yang menyatukan dua lantai dengan atap berupa struktur kanopi. Pembuatan desain seperti irtu selain memungkinkan sirkulasi udara antara lantai satu dan dua menjadi bagus juga pencahayaan menjadi baik. Apalagi menggunakan bahan atap kanopi berupa polycarbonate yang memiliki kemampuan menghantarkan sinar matahari dengan baik.

Atap Polycarbonate

Polycarbonate merupakan salah satu jenis bahan atap kanopi yang dapat menghantarkan sinar dengan baik. Karena itulah bahan polycarbonate atap kanopi merupakan bahan yang ideal untuk bangunan yang ingin mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari dengan sempurna. Dengan menggunakan bahan yang bening, sinar hanya akan terreduksi sedikit sehingga sinar tersebut kekuatannya hampir mendekati sinar matahari langsung.

Meskipun polycarbonate memiliki keunggulan dapat menghantarkan sinar dengan nyaris sempurna tetapi terkadang karena sifat tersebutlah polycarbonate malah menimbulkan masalah baru yakni ruangan menjadi terlalu panas. Hal ini biasanya terkadi karena kurangnya perhitungan sebelum memutuskan memasang atap kanopi polycarbonate. Atau bisa juga disebabkan karena desain tata ruang yang kurang baik.

Tips Mengurangi Panas Sinar Matahari Dari Atap Polycarbonate

Pada artikel kali ini, jasa kanopi Jogja profesional yakni Home Studio 567 akan mengulas mengenai tips mengurangi panas sinar matahari dari atap polycarbonate. Bagaimana caranya? Ini dia penjelasannya !

1. Penggunaan Ventilasi Yang Cukup

Apa jadinya jika suatu ruangan tertutup terkena sinar matahari sepanjang hari tanpa sirkulasi udara yang baik? Tentu ruangan akan menjadi panas. Itu biasa terjadi pada rumah yang menggunakan void rumah yang dibangun tanpa perhitungan yang matang. Udara yang terkena paparan matahari di dalam ruangan akan memiliki suhu yang hangat sehingga menyebabkan seluruh ruagan tersebut menjadi panas.

Cara mengatasinya adalah dengan membuat sirkulasi udara yang bagus. Dengan sirkulasi udara yang bagus maka udara ruangan yang terpapar sinar matahari tersebut akan berganti-ganti. Dengan demikian suhu ruangan akan menurun. Memang idealnya membuat void pada rumah hunian di rancang berada di tengah bangunan. Namun untuk mendapatkan suplai udara luar agar mudah masuk ada baiknya pembuatan void rumah pada pinggir bangunan sehingga pada dinding bangunan yang berhubungan dengan lingkungan luar rumah bisa di pasang jendela atau ventilasi untuk sirkulasi udara.

2. Penggantian Warna Polycarbonate

Semakin bening bahan polycarbonate yang digunakan maka pencahayaan akan semakin baik. Artinya daya hantar sinar menjadi lebih bagus. Dan ini memiliki pengertian bahwa daya reduksi sinar semakin kecil. Karena itu penggunaan bahan polycarbonate untuk atap kanopi perlu diperhatikan tingkat daya reduksinya.

Semakin gelap polycarbonate maka semakin besar sinar yang dapat direduksi. Jika anda memiliki masalah pada atap kanopi polycarbonate yaitu daya hantar sinar matahari yang terlalu besar maka anda bisa mengatasinya dengan mengganti atap polycarbonate menjadi lebih gelap. Anda bisa memili warna kesukaan anda dan tingkat kegelapan bahan.

3. Kombinasi Atap Polycarbonate Dengan Atap Lain

Selain mengganti kanopi dengan bahan sejenis namun lebih gelap, anda bisa juga memadukan bahan atap kanpopi dari polycarbonate dengan bahan lainnya seperti fiber. Berikan space utntuk atap berbahan polycarbonate secukupnya saja. Dengan cara ini cahaya yang masuk pada ruangan akan terbatas pada luas area atap jenis polycarbonate.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan atau dinilai terlalu ribet cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti keseluruhan atap polycarbonate dengan bahan yang bisa menghantarkan cahaya lainya seperti fiber dan bahan lainnya. Tetapi kelemahannya adalah tampilan tidak akan seelegan dengan atap polycarbonate.

Tips Mengurangi Panas Sinar Matahari Dari Atap Polycarbonate
void rumah yang teduh. Sumber modelrumah.co

4. Penggunaan Tanaman Hias Merambat

Desain kanopi unik tanaman merambat sudah sering kita temui. Kanopi ini biasanya ada di luar ruangan seperti di teras, di parkiran dan sebagainya. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk membatasi sinar matahari yang masuk melalui kanopi polycarbonate. Caranya adalah dengan menanam yanaman merambat dan dirambatkan tepat di bawah atap kanopi polycarbonate.

Hal ini bisa di lakukan ketika anda memiliki void rumah yang di bagian bawahnya berupa taman indoor. Pekerjaan ini tentu akan merepotkan jika pada void rumah bagian bawahnya digunakan sebagai ruang keluarga. Dengan kondisi ini cara mengatasinya adalah tanamlah tanaman merambat tersebut di lantai dua dengan menggunakan pot yang berukuran cukup besar.

Itulah ulasan mengenai cara mengurangi panas sinar matahari dari atap polycarbonate. Dengan membaca artikel ini semoga anda menjadi tercerahkan dan dapat mengatasi permasalahan yang ada. Jangan lupa membaca artikel lain tentang tips memasang atap kanopi. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.